Viral Foto Besek Hajatan Sultan, Ada Bundelan Tebal Warna Merah

Netizen langsung ingin mencari lokasi tempat hajatan digelar.

Dream - Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki tradisi bernama kenduri. Tradisi ini biasanya diselenggarakan ketika ada hajatan, seperti kematian, pernikahan, kelulusan, dan sebagainya.

Kenduri ini masih sering digelar sebagian warga, terutama yang tinggal di desa-desa. Acara kenduri biasanya digelar secara sederhana, dengan suguhan makanan yang tak kalah sederhananya.

Setelah membaca doa secara bersama-sama dan mendengarkan nasihat dari orang-orang yang dituakan, kenduri akan diakhiri dengan pembagian buah tangan yang disebut 'berkat' atau 'besek'.

Isi Besek Hajatan Bikin Netizen Melongo

Umumnya besek ini berisi makanan seperti menu nasi lengkap, buah-buahan, berbagai macam kue atau bahkan bahan sembako.

Namun besek yang dibagikan dalam acara kenduri di foto yang diunggah akun Instagram @makassar_iinfo ini bikin netizen hanya bisa melongo.

Di foto tersebut, tampak beberapa besek sudah disiapkan oleh yang menggelar kenduri. Di dalam besek ada minyak goreng, berbagai buah, mie instan, dan sembako lainnya.

Tetapi ada satu isi besek yang mencuri perhatian, yaitu bundelan lembaran warna merah uang Rp100 ribu yang begitu tebal.

Tidak diketahui berapa jumlah satu bundel uang tersebut. Jika diperhatikan saksama, kemungkinan nilainya mencapai Rp1 juta.

Netizen Auto Ingin Menyerbu

Foto besek dengan bundelan lembaran uang Rp100 ini pun menjadi viral. Pengunggah foto menyebutnya hajatan sultan.

" Sultan buat hajatan," tulis Instagram makassar_iinfo di caption foto tersebut.

Sementara netizen langsung ingin mencari lokasi di mana kenduri sultan itu digelar.

Siapa tahu, jika ada hajatan lagi bisa langsung datang dan mendapat besek sultan.

" Alamat nya di mana ini otw nih."

" Yang diikat jangan sampe lepas."

" Jadi pengen jadi tetangganya."

" Kalau gini gua demen."

" Budal mole nyewo grab aku atek berkate ngene (Pulang pergi sewa Grab aku kalau buah tangannya begini)."

Hajatan Ini Jadi Viral, Tamu Diberi Besek Galon Air Minum

Dream - Sudah menjadi tradisi masyarakat Muslim di Indonesia menggelar acara tasyakuran atau slametan sebagai pertanda terima kasih kepada Allah SWT. Biasanya acara semacam ini digelar untuk merayakan kelahiran anak, kelulusan sekolah atau perayaan lainnya.

Usai tasyakuran, tuan rumah biasanya akan memberikan buah tangan untuk para tamu undangan. Di masyarakat Jawa dan sekitarnya, buah tangan itu kerap disebut besek.

Umumnya isi besek bersisi bahan pokok seperti beras, minyak, gula, atau bahan sembako lain. Ada juga tuan rumah yang memberikan besek berisi makanan siap santap. 

Tapi, besek yang sedang viral di dunia maya sedikit tak lazim. Video yang diunggah oleh akun Instagram @lambe_turah itu merekam para tamu bergiliran membawa besek berupa Aqua galon.

" Siapa yang tadi malam ikutan," tulis akun tersebut melengkapi postingan video itu seperti diakses Dream, Jumat 14 Desember 2018.

Dalam video itu, pada sore harinya panitia tengah sibuk mempersiapkan ratusan galon yang nantinya akan diberikan kepada para tamu.

Ada juga hadiah mie instan

Selain minuman mineral dalam galon, tampak juga para ibu yang terlihat tengah sibuk membungkus mie instan untuk hadiah para tamu undangan. Mie itu dimasukkan ke dalam kreset berwarna merah.

Dari logat dan bahasanya, diduga video itu direkam di sebuah daerah di Madura.

Beragam komentar kocak diberikan oleh netizen.

" Untung gak tengki air yang gede yah kalo gede kan berat bawa nya,"  komentar @azisnugraha98.

" @evawati_82 iya ya, makanya bapak2 aja yang dtg," kata @emmahidayanto.

Netizen lain menjelaskan jika acara yang digelar adalah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Selain air dalam galon, tamu undangan juga membawa bingkisan lain. 

" Itu acara maulid .dan dpt bingkisan sama air galon,"  ujar @lisa.yuliani23I.

Kalau di daerah kamu besek acara tasyakurnya apa?

1 Komentar untuk " Viral Foto Besek Hajatan Sultan, Ada Bundelan Tebal Warna Merah"

  1. Izin ya admin..:)
    Hanya Ada di DEWALOTTO semua bisa jadi jutawan jadi tunggu apa lagi yukkk...
    ADD WA +855 888765575Terima Kasih admint...:)

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel