Prosesi Pemakaman Habib Hasan Assegaf di Pasuruan Disorot, Ini Respons Satgas

Ribuan pelayat datang untuk mengiri proses pemakaman Habib Hasan.

Muslim di Pasuruan, Jawa Timur berduka setelah salah satu ulama kharismatik salah satu ulama di kot tersebut Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf, tutup usia, Minggu 27 Desember 2020. 

Wafatnya mertua dari Habib Taufik Assegaf ini, meninggalkan luka mendalam bagi masyarakat di kota berjuluk Kota Santri itu.

Ribuan santri dan umat Islam mengantarkan kepergian almarhum ke tempat peristirahatan terakhir di Jalan Jawa. Momen ini terlihat dari unggahan video akun YouTube Pasuruan Hari Ini yang diunggah pada Minggu, 27 Desember 2020 kemarin.

Dalam unggahan tersebut, terdengar isak tangis dan suasana haru mengiringi pemakaman almarhum. Diketahui Habib Hassan disholatkan di Masjid Jami’ Al Anwar Kota Pasuruan, jenazah almarhum dimakamkan di belakang Masjid Jami’ bada asar.

Ribuan pelayat datang untuk mengiringi proses pemakaman Habib Hasan. Mereka datang untuk memberikan penghormatan kepada ulama kharismatik tersebut.

Video tersebut menjadi sorotan karena terlihat ribuan pelayat berdesakan untuk bisa masuk ke masjid agar bisa mengikuti sholat jenazah. Masjid dua lantai itu penuh jemaah bahkan meluber ke jalan hingga sisi barat alun-alun.

Respons Satgas Kota Pasuruan

Menanggapi kerumunan yang terbentuk di pemakanan Habib Hasan, Satuan Tugas COVID-19 Kota Pasuruan pun buka suara. Menurut juru bicara Satgas COVID-19 Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat, penumpukan massa tersebut berada di luar dugaan lantaran para pelayat datang tanpa direncanakan.

" Kejadian seperti hari ini pada pemakaman Habib Hasan memang di luar dugaan kami," ungkap Kokoh dilansir dari Jatimnow.com, Senin 28 Desember 2020.

" Beliau memang tokoh agama yang disegani sehingga masyarakat dalam jumlah yang sangat besar ingin mengikuti pemakaman beliau."

Diluar Dugaan

Kokoh menjelaskan pihaknya bisa melakukan langkah antisipasi terhadap kegiatan-kegiatan yang direncananakan. Namun lain halnya dengan kegiatan yang tidak direncanakan sebelumnya seperti pemakaman Habib Hasan ini.

" Hari ini masyarakat hadir dengan sendirinya tanpa direncanakan sebelumnya, karena memang situasinya berbeda," jelas Kokoh.

Meski berkerumun dan sulit menjaga jarak, Kokoh memastikan bahwa sebagain warga yang hadir dalam pemakaman tersebut telah mengenakan masker.

Berharap Tidak Ada Lonjakan Kasus

Kokoh berharap agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan terkait penyebaran Covid-19.

" Tapi seperti terlihat di area alun-alun dan sekitarnya, masyarakat yang hadir sebagian sangat besar telah menggunakan masker, meskipun sulit melakukan jaga jarak," ungkapnya.

" Kita berharap dan berdoa, agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan terkait penyebaran Covid-19."


Sumber: jatimnow.com

1 Komentar untuk " Prosesi Pemakaman Habib Hasan Assegaf di Pasuruan Disorot, Ini Respons Satgas "

  1. Izin ya admin..:)
    Suntuk di rumah yuk gabung dan menangkan permainan kartu bersama kami hanya di ARENADOMINO 9 game kami sediakan untuk kalian semua so tunggu ap lagi yukk... WA +855 96 4967353

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel