Kabar Gembira dari Istana: Mal dan Sekolah Mulai akan Dibuka Kembali, Ini Penjelasannya



Istana akhirnya buka suara terkait soal rencana pemerintah untuk kembali membuka mal, pasar hingga sekolah pada Juni mendatang. Keputusan pembukaan sekolah di tengah pandemi corona ada di tangan Presiden Joko Widodo.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Donny Gahral meluruskan informasi soal rencana pemerintah untuk kembali membuka mall, pasar hingga sekolah pada Juni mendatang. Ia menegaskan, hal tersebut rencana yang baru akan direalisasikan jika ada kemajuan signifikan dalam penanganan pandemi virus corona Covid-19.

"Salah satu syaratnya adalah penurunan pasien positif selama 14 hari berturut turut sampai kemudian tak ada penambahan pasien positif lagi," kata Donny kepada Kompas.com, Sabtu (9/5/2020).

Oleh karena itu, Donny menyebut saat ini pemerintah berupaya keras agar penerapan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bisa berjalan efektif. Mulai dari bagaimana protokol kesehatan dijalankan, penegakan hukum dilakukan terukur, serta dipatuhinya larangan mudik.

"Apakah Juni sudah bisa dilonggarkan atau tidak, kita tidak tahu. Kita tak mau terjadi second wave (gelombang kedua)," kata Donny.

Keputusan Presiden

Terpisah, Pelaksana Tugas Deputi IV Kantor Staf Presiden Bidang Komunikasi Politik Juri Ardiantoro menegaskan keputusan pembukaan sekolah di tengah corona ada di tangan Presiden Joko Widodo.

"Bapak presiden yang akan memutuskan berdasarkan masukan dari berbagai pihak," ujarnya seperti diberitakan CNNIndonesia.com, Sabtu (9/5).

Juri mengatakan langkah tersebut bakal diputuskan Jokowi setelah memastikan dan mendapat masukan dari pihak-pihak terkait.

"Utamanya [masukan dari] ketua gugus tugas covid-19, menko PMK, menkes, mendikbud dan pihak-pihak lain yang kompeten," jelasnya.

Sebelumnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan berencana membuka sekolah di tengah corona pada pertengahan Juli 2020.

"Kita merencanakan membuka sekolah mulai awal tahun pelajaran baru, sekitar pertengahan Juli," tutur Plt. Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Muhammad Hamid melalui pesan singkat.

Hamid menegaskan rencana ini memungkinkan jika suatu daerah sudah ditetapkan aman dari wabah corona.

"Untuk daerah-daerah yang sudah dinyatakan aman oleh Satgas Covid-19 dan Kementerian Kesehatan," tambahnya.

Menurutnya kegiatan sekolah nanti bakal dilakukan dengan protokol kesehatan di area institusi pemerintah yang sudah ditetapkan pemerintah. Siswa juga diwajibkan menggunakan masker.

Selain itu, sebelumnya, foto skenario pemulihan ekonomi Indonesia beredar luas dan diperbincangkan di jagat maya. Foto tersebut menunjukkan timeline beroperasinya kembali berbagai sektor ekonomi, pendidikan dan lain-lain.

Belum ada Komentar untuk "Kabar Gembira dari Istana: Mal dan Sekolah Mulai akan Dibuka Kembali, Ini Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel