Gara Gara Pasien Tidak Mau Jujur, Petugas Medis Di Riau Akhirnya Tertular Corona - Suara Priangan

Gara Gara Pasien Tidak Mau Jujur, Petugas Medis Di Riau Akhirnya Tertular Corona




Tidak sedikit dari tenaga medis terjangkit Virus Corona. Mereka yang berada di garda terdepan dalam menangangi Virus Corona (Covid-19). AS merupakan tenaga medis di Kabupaten Pelalawan, Riau, dinyatakan positif terjangkit Virus Corona (Covid-19). Ia diketahui melakukan kontak langsung dengan pasien yang positif.

Menurut Satuan Tugas Gugus Covid-19 Riau, AS terjangkit karena melakukan kontak langsung dengan pasien inisial RBT (50) dan JG (58) yang sudah lebih dahulu dinyatakan positif. Namun, mereka berdua tidak jujur bahwa mereka mengalami gejala awal.

dr Indra Yopi, Juru Bicara Satgas Gugus Covid-19 Riau, mengatakan pasien RBT dan JG sebelum diisolasi di rumah sakit pernah berobat ke fasilitas kesehatan tempat AS berdinas. Namun ketka itu, RBT dan JG kepada AS mengaku tidak pernah ke Jakarta.

“Oleh karena itu, AS memeriksa keduanya dengan protokol pasien biasa,” kata Indra di Pekanbaru.
Selang beberapa waktu, kondisi RBT dan JG semakin memburuk hingga harus diisolasi di rumah sakit rujukan. Tidak lama kemudian, keduanya dinyatakan positif terjangkit Virus Corona (Covid-19).

Bercermin dari kejadian ini, Indra menghimbau agar masyarakat yang mempunyai riwayat perjalanan ke daerah terjangkit untuk jujur saat diperiksa petugas medis. Menurutnya kejujuran sangat penting di tengah pandemi virus yang menjangkiti lebih 120 negara ini.

Indra juga menegaskan apabila pasien tidak kooperatif dan memberikan keterangan palsu kepada para tenaga medis maka akan berakibat fatal.

Tidak hanya tenaga medis, Covid-19 juga meninfeksi IE yang merupakan orang terdekat dari pasien RBT dan JG. Kini pasien berusia 16 tahun ini sudah diisolasi di rumah sakit di Pekanbaru.

Satgas Gugus Covid-19 Riau meminta masyarakat tidak memberikan hukuman sosial, terkait dengan mereka yang mempunyai riwayat pejalanan ke daerah terjangkit. Masyarakat diminta tidak membully keluarga pasien tersebut dan menjadikan ini sebagai pelajaran.

Pasien positif Virus Corona (Covid-19) di Riau terus meningkat tiap harinya. Hingga Selasa siang, 14 April 2020, kasus positif secara keseluruhan ada 20. Sebanyak 16 pasien masih dirawat, 2 dinyatakan sembuh dan 2 lagi meninggal dunia. PDP yang masih dirawat sebanyak 123 orang dengan 102 PDP negatif Covid-19 dan dipulangkan, serta 18 PDP meninggal dunia.

0 Response to "Gara Gara Pasien Tidak Mau Jujur, Petugas Medis Di Riau Akhirnya Tertular Corona"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel