DPR Izinkan Polisi Tembak di Tempat Pelaku Begal saat Bencana Nasional Corona - Suara Priangan

DPR Izinkan Polisi Tembak di Tempat Pelaku Begal saat Bencana Nasional Corona



Jajaran kepolisian diminta menindak tegas pelaku begal, termasuk opsi tembak di tempat, di tengah kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam mencegah penyebaran virus corona. Pasalnya, keberadaan pelaku begal sudah sangat meresahkan.

Seruan itu dikeluarkan Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni, Senin (20/4). Menurutnya, kejahatan begal telah mengalami peningkatan dalam beberapa waktu terakhir seiring dengan kondisi jalan yang sepi karena mayoritas masyarakat tinggal di rumah masing-masing.

Berangkat dari itu, Sahroni seperti diberitakan cnnindonesia.com meminta jajaran polisi memprioritaskan keamanan masyarakat di tengah situasi penerapan PSBB.

"Saya mendukung sikap kepolisian yang berani menindak tegas para pelaku pembegalan langsung di tempat. Hal ini diperlukan untuk menjamin munculnya rasa aman di masyarakat," kata Sahroni, Senin (20/4).

Sahroni yakin tindakan tegas terhadap para pelaku begal bakal memberi efek jera kepada orang lain yang berniat untuk melakukan tindak kriminal serupa. Sahroni bahkan berharap polisi bisa mengambil tindakan tegas terhadap pelaku begal berupa tembak di tempat.

"Mereka bawa senjata tajam, terus terkenal sadis dalam melakukan aksinya. (Jadi) kalau perlu tembak di tempat, di tembak saja," katanya.

Angka Kejahatan Meningkat

Polri mengungkapkan tren kejahatan pencurian dengan kekerasan selama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) naik sebesar 11,80 persen di Indonesia.

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra membenarkan tren kejahatan pencurian dengan kekerasan di jalanan meningkat pada Minggu ke-16 jika dibandingkan dengan Minggu ke-15 di tahun ini.

"Jadi tren kejahatan pencurian dengan kekerasan, dari Minggu ke-15 dan Minggu ke-16 naik 11,80 persen ya. Kenaikan itu terjadi selama diterapkan PSBB [pembatasan sosial berskala besar]," ujar Asep, Senin (20/4/2020).

Asep mengatakan bahwa Kepolisian dibantu TNI dan Satpol PP bakal terus melakukan patroli setiap hari selama aturan PSBB diterapkan di sejumlah daerah di Indonesia.

"Patroli ini dilakukan untuk mempersempit ruang gerak para penjahat," jelasnya.

0 Response to "DPR Izinkan Polisi Tembak di Tempat Pelaku Begal saat Bencana Nasional Corona"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel