Babak Belur, Biro Travel Umroh Berat Kembalikan Duit Jamaah Karena Duit Sudah Terpakai Ini Itu - Suara Priangan

Babak Belur, Biro Travel Umroh Berat Kembalikan Duit Jamaah Karena Duit Sudah Terpakai Ini Itu



Bisnis biro travel umroh turut terpukul pandemi covid-19. Pembatalan keberangkatan umroh sejak Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara kedatangan jamaah sejak 27 Februari 2020 lalu, membuat biro travel kesulitan mengembalikan biaya jamaah.

Pengembalian seluruh biaya ke jamaah ini membuat cash flow perusahaan negatif. Pasalnya, sebagian biaya sudah dibayarkan kepada pihak maskapai penerbangan dan hotel.

"Negatif (cashflow) semua, tidak mungkin tidak berhentikan operasinya," kata Sekretaris Asosiasi Permusyawaratan Antar Syarikat Travel Umrah dan Haji Indonesia (PATUHI), Muharom Ahmad, kepada CNBC Indonesia, Kamis (23/4/2020).

Lebih lanjut, Muharom menjelaskan, sejak awal Maret Lalu biro travel umroh tidak memiliki pemasukan. Hal ini akan terus berlangsung selama musim umroh yaitu hingga Agustus mendatang. Sebagai informasi, musim umroh berlangsung selama 10 bulan sejak bulan Muharram hingga bulan Syawal.

"Iya, praktis 1 Maret sudah tidak ada pendaftaran nanti sampe bulan Agustus. Jadi baru mulai ada aktivitas mungkin pada September," jelasnya.

Menurut Muharom, pihaknya tengah menanti keputusan aturan Haji. Apabila jamaah haji harus dibatalkan, maka ini menjadi tambahan pukulan bagi biro travel haji dan umroh.

"Sehingga setelah Februari akhir sampai Agustus ini, travel tidak memiliki aktivitas, tidak memiliki pendapatan, tetapi dia juga harus mengembalikan dana Jemaah, sementara sebagian sudah mulai memberi DP, memesan untuk Akomodasi penerbangan," ujar Muharom.

"Kondisi inilah yang berat di satu sisi travel punya kewajiban mengembalikan seluruh pembayaran tadi ke jamaah, kedua, perusahaannya berhenti beroperasi tetapi masih tetap harus mempertahankan memberikan kewajiban kepada stafnya, karena tidak mudah untuk melepaskan staf karena pada dasarnya ini sudah terjalin hubungan cukup lama dan sudah mempunyai keahlian yang bisa diandalkan," paparnya

Sumber CNBC

0 Response to "Babak Belur, Biro Travel Umroh Berat Kembalikan Duit Jamaah Karena Duit Sudah Terpakai Ini Itu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel