Tingkat Kematian Corona di Indonesia Urutan Ke-2 di Dunia



Berdasarkan data terbaru tentang virus corona, Pemerintah Indonesia pada Rabu (18/3/2020) melalui juru bicara terkait penanganan corona mengumumkan jumlah kasus positif corona di Indonesia sudah mencapai 227 kasus.

Dari jumlah tersebut 19 dinyatakan meninggal dunia dan 11 pasien dinyatakan sembuh.

“Data sudah kita upgrade, akumulatif kasus meninggal sampai 18 Maret pukul 12.00 WIB. Total keseluruhan kasus meninggal adalah 19,” kata juru bicara pemerintah untuk penanganan corona, Achmad Yurianto, melalui video yang disiarkan langsung lewat akun YouTube BNPB.

Yurianto mengakui, sebelumnya ada kesalahan data dari pemerintah. Penyebabnya, beberapa rumah sakit belum melaporkan kasus kematian sejak tanggal 12 Maret kemarin.

“Kami melakukan recheck tadi pagi dan berkoordinasi dengan seluruh rumah sakit di seluruh Indonesia yang merawat kasus ini,” tuturnya.

Pasien yang meninggal tersebut dirawat di beberapa rumah sakit yang tersebar di tujuh provinsi di Indonesia.

Diantaranya ialah:

  • Bali: 1 orang.
  • Banten 1 orang.
  • DKI Jakarta 12 orang.
  • Jawa Barat 1 orang.
  • Jawa Tengah 2 orang.
  • Jawa Timur 1 orang.
  • Sumatera Utara 1 orang.

“Kesimpulan yang kami sampaikan untuk posisi saat ini, jumlah akumulasi kasus positif 227,” ujarnya.

Tingkat Kematian Indonesia Akibat Corona Urutan Ke-2 di Dunia
Data jumlah kasus dan kematian terbaru terkait kasus corona tersebut menempatkan tingkat kematian atau case fatality rate (CFR) corona di Indonesia ada di angka 8,37 persen. Ini artinya Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat fatalitas tertinggi mengalahkan Italia dan Iran untuk saat ini.

“CFR terbaru cukup mengejutkan. Bila kita bandingkan dengan Italy 7,94% dan Iran 6,1% yang relatif tinggi, Indonesia saat ini ternyata lebih tinggi. Ini warning serius bagi pemerintah untuk melakukan tindakan-tindakan yang luar biasa,” komentar dr Dirga Sakti Rambe, SpPD, MSc, dari OMNI Hospitals Pulomas, Rabu (18/3/2020).

Hal serupa juga diungkapkan oleh konsultan kesehatan masyarakat, Nurul Nadia, dari Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI).

“Iya saingan sama Italia saat ini,” ungkapnya.

Sebagai perbandingan Italia sudah melaporkan 31.506 kasus positif virus corona dengan 2.503 di antaranya meninggal. Iran ada di angka 16.169 kasus dan 968 di antaranya meninggal dunia.

Filipina sejauh ini mencatatkan 202 kasus dengan 19 kematian. Tingkat kematian 9,4 persen.

Belum ada Komentar untuk "Tingkat Kematian Corona di Indonesia Urutan Ke-2 di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel