Inilah Bentuk Asli Virus Corona Setelah Dizoom




Virus Corona atau yang memiliki nama lain COVID-19, telah menjadi virus global yang menyebar ke seluruh dunia pada akhir-akhir ini.

Berbagai pihak mulai dari ilmuwan, pemerintah, akademisi, lembaga sosial, hingga militer ikut diterjunkan demi menanggulangi wabah yang mendunia ini.

Mungkin, tidak semua masyarakat awam seperti kita tahu seperti apa dan bagaimana bahayanya virus corona ini?

Cara Mencegah Virus Corona
Sebelum masuk dalam pembahasan lebih lanjut, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara mencegah penularan virus corona ke dalam tubuh kita. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

Virus corona merupakan protein dan dapat pecah (lisis) dengan bahan seperti sabun. Sering mencuci tangan dengan sabun adalah langkah sederhana yang paling tepat.

Virus corona mampu bertahan 2-12 jam di alam bebas (di permukaan logam, baju), sering mencuci baju serta menjemurnya langsung dibawah sengatan matahari bisa mematikan virus tersebut.

Virus corona tidak bisa menempel di udara, tapi bisa melekat pada benda (dalam bentuk droplet/cairan/permukaan benda). Memastikan benda di sekitar tetap bersih dengan sterilizer alkohol atau cairan h2o2 adalah langkah yang terbaik.

Virus corona bisa masuk melalui lubang di tubuh terutama pada bagian wajah, menghindari untuk menyentuh bagian wajah adalah salah satu pencegahan yang tepat.

Apa itu Virus Corona (COVID-19)
Corona virus secara sederhana dapat diibaratkan sebagai makhluk hidup sejenis jamur (mould) yang memiliki kemampuan berkembang biak pada suhu dan medium tertentu.

Gambar dan Bentuk Virus Corona
Mengapa disebut Corona? Kata Corona menurut Sonia (seorang biochemistry scientist) berasal dari kata CROWN yang artinya bulat seperti mahkota. Agar lebih jelas, berikut beberapa foto visualisasi resmi dari Coronavirus yang diambil dari beberapa referensi terpercaya.

bentuk virus corona setelah di zoom


Bagian-Bagian Virus COVID-19

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh health.mil, bentuk virus corona ini memiliki 3 elemen dasar, yaitu Protein E, Protein S, dan Protein M. Sebagaimana kita ketahui, salah satu ciri dari virus yang paling menonjol adalah strukturnya yang sangat simpel dan sederhana. Dia tidak memiliki kulit, bahkan sel seperti makhluk hidup lainnya.

Satu-satunya ciri makhluk hidup yang terdapat pada virus adalah kemampuannya untuk berkembang biak dengan adanya RNA/DNA. RNA dan DNA sendiri adalah protein, sehingga elemen virus satu-satunya yaitu protein itu sendiri sebagaimana ilustrasi di bawah ini.
bentuk virus corona setelah di zoom

Sedangkan menurut rujukan yang lebih umum seperti Wikipedia, ilustrasi bentuk COVID-19 digambarkan lebih detail tidak hanya elemen luar namun juga menggambarkan lapisan virus tersebut. Berikut gambar Bentuk Asli Virus Corona Setelah Dizoom yang dirilis pada tanggal 27 Januari 2020.

bentuk virus corona setelah di zoom

Dari gambar medis di atas, dapat disimpulkan bahwa virus corona memiliki 4 elemen utama, keempat elemen tersebut adalah:


  1. Spike Glycoprotein
  2. RNA dan N Protein
  3. Envelope (pembungkus)
  4. Hemagglutinin-esterase dimer (HE)

[Update] Gambar Bentuk Virus Corona Terbaru
Dari semua gambar ilustrasi diatas, ada gambar virus corona setelah diperbesar berkali-kali dalam perbesaran komputer. Gambar ini bisa dibilang gambar medis yang paling mendekati gambar virus corona yang sebenarnya mengingat baru diunggah di situs Wikipedia pada tanggal 9 Maret 2020.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Bentuk Asli Virus Corona Setelah Dizoom"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel