85 Ribu Tahanan Dibebaskan Begitu Saja Karena Menjadi Sarang Virus Corona Iran




Iran telah mengeluarkan peringatan paling mengerikan tentang virus corona. Diperkirakan, jutaan orang bisa meninggal dunia di Republik Islam tersebut apabila masyarakat terus mengabaikan pedoman kesehatan.

Seorang jurnalis televisi pemerintah yang juga seorang dokter memberikan peringatan itu setelah Umat Syiah masuk ke halaman dua tempat pemujaan utama yang baru saja ditutup karena kekhawatiran akan penyebaran virus corona.

Hal ini terjadi karena Iran untuk sementara membebaskan sekitar 85.000 tahanan, termasuk tahanan politik dalam upaya untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Pelepasan sementara tahanan ini terjadi ketika kematian di Republik Islam melonjak sebesar 135 orang, atau kenaikan sebesar 13 persen menjadi 988 di tengah 16.169 kasus, seperti disampaikan Juru Bicara Kementerian Kesehatan Iran Kianoush Jahanpour dalam konferensi pers yang disiarkan televisi nasional.

Sementara itu, juru bicara pengadilan Gholamhossein Esmaili mengatakan, setengah dari tahanan yang dibebaskan di tengah merebaknya virus corona adalah 'tahanan terkait keamanan'.

"Juga di penjara kami telah mengambil tindakan pencegahan untuk menghadapi wabah itu," kata juru bicara itu, dilansir dari laman Daily Mail, Rabu (18/3/2020).

Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) telah memperingatkan bahwa para tahanan telah terinfeksi di penjara Iran yang penuh sesak dan penuh penyakit, dan menyerukan agar semua tahanan politik dibebaskan. Juru bicara kehakiman tidak merinci kapan mereka yang dibebaskan harus kembali ke penjara.

Untuk diketahui, wabah virus corona di Iran adalah salah satu yang terburuk di luar China. Iran banyak dikritik karena penanganan wabahnya, termasuk keengganannya untuk menutup situs ziarah suci.

"Sejumlah warga negara ganda dan asing berisiko nyata jika mereka belum mendapatkannya (virus corona). Mereka benar-benar takut dengan kondisi itu," kata Javaid Rehman, pelapor khusus PBB tentang hak asasi manusia di Iran.

Karena kekhawatirannya, dia merekomendasikan Negara Republik Islam Iran itu untuk membebaskan semua tahanan pada pembebasan sementara.

Sumber netralnews

Belum ada Komentar untuk "85 Ribu Tahanan Dibebaskan Begitu Saja Karena Menjadi Sarang Virus Corona Iran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel